Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

OC Kaligis dan Elza Syarief Berebut Jadi Pengacara Nazaruddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dua pengacara terkenal , OC Kaligis dan Elsa Syarif, Kamis (18/8), yang disebut-sebut sebagai kuasa hukum tersangka kasus suap Sesmenpora, M Nazaruddin, mendatangi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) . Diduga, mereka berdua berebut untuk menjadi kuasa hukum M Nazaruddin.

Elsa yang datang jam 08.45 WIB tersebut enggan mengatakan apa-apa kepada media. Dia hanya mengatakan akan bertemu dengan penyidik. "Saya hanya ingin bertemu penyidik," kata Elsa ,di kantor KPK, Jakarta, Kamis (18/8).

Sedangkan OC Kaligis tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Kepada wartawan, ia mengungkapkan bahwa ia adalah kuasa hukum yang resmi ditunjuk oleh M Nazaruddin. Ia menunjukkan salinan surat kuasa yang ditandatangani oleh Nazaruddin kepada wartawan.

“Ini buktinya, saya adalah pengacara yang sah M Nazaruddin,” kata Kaligis sebelum memasuki kantor KPK.

“Kalian lihat kan di televisi saya sampai menemani Nazaruddin hingga Kolombia,” tambah Kaligis.

Ditanya soal kedatangan Elsa ke kantor KPK hari ini atau tepat pada pemeriksaan pertama M Nazaruddin pada pukul 13.00 WIB nanti, Kaligis hanya mengatakan : “Dia nunjukkin gak surat kuasanya,” katanya.

Seperti diketahtui, Nazaruddin dikabarkan telah menunjuk tim pengacara lain yakni Elsa Syarif. Namun penunjukan kuasa hukum itu disebut – sebut hanya diminta secara lisan oleh pihak keluarga.

KPK sendiri, Kamis (18/8), menjadwalkan pemeriksaan Nazaruddin. KPK memastikan hal itu setelah Nazaruddin resmi menunjuk OC Kaligis sebagai kuasa hukumnya.

"Kamis (hari ini) Nazaruddin kita periksa, kita sudah dapat laporan bahwa ia sudah menunjuk OC Kaligis sebagai kuasa hukumnya" kata Ketua KPK, Busyro Muqoddas saat dihubungi Republika, Kamis (18/8) pagi.

Pemeriksaan hari ini akan menjadi pemeriksaan perdana Nazaruddin selaku tersangka kasus suap Sesmenpora .Sebelumnya, KPK membatalkan pemeriksaan terhadap Nazaruddin pada Senin dan Selasa kemarin. Selain karena kelelahan, Nazar pun belum menunjuk siapa penasehat hukumnya.